Beberapa Cara Merawat Anak Ayam Bangkok Tumbuh Cepat

Beberapa Cara Merawat Anak Ayam Bangkok Tumbuh Cepat

Untuk mendapatkan anak ayam bangkok diperoleh dari keturunan indukan ayam bangkok asli trah juara yang akan menjadi hasil yang istimewa. Perawatan lah yang telah menentukan kualitas pada anak ayam. Ada Beberapa Cara Merawat Anak Ayam Bangkok Tumbuh Cepat perlu diketahui oleh kalangan pecinta Sabung Ayam Online

Adapun dalam masalah perawatan anak ayam bangkok ini, perawatan sangat penting karena di sinilah awal mula lahirnya ayam-ayam aduan yang berkualitas.

Masa pertumbuhan anak ayam dimulai dari menetas hingga dewasa memerlukan perawatan yang baik dan benar agar nantinya proses pertumbuhan semakin baik terutama saat menempati posisi usia 0-5 bulan. Inilah masa-masa keemasan yang akan menentukan anak ayam bangkok untuk tumbuh cepat.

Berikut ini Rajacorner sebagai Sabung Ayam Online akan menjelaskan Beberapa Cara Merawat Anak Ayam Bangkok Tumbuh Cepat

1. Kandang Anak Ayam Bangkok

Beberapa Cara Merawat Anak Ayam Bangkok Tumbuh Cepat

Hal persiapan pertama yang perlu diperhatikan adalah masalah kandang. Karena Anak ayam yang baru lahir hingga usia 3 hari pada umumnya masih dalam kondisi kritis dan mudah mati. Perawatan pada masa-masa tersebut harus dilakukan secara intensif untuk menekan jumlah kematian dengan cara menjaga suhu kandang secara alami dan mengatur suhu serta sirkulasi udaranya.

2. Pakan

Beberapa Cara Merawat Anak Ayam Bangkok Tumbuh Cepat

Untuk pakan anak ayam ini disesuaikan dengan umur anak ayam tersebut. Saat berusia 1-2 hari, anak ayam cukup diberikan air minum saja. Karena anak ayam yang baru saja lahir masih dipenuhi protein kuning telur saat ayam dierami. Setelah usianya sudah mencapai 2 bulan atau 3 bulan anakan sudah bisa diberi pur dan air minum dengan jumlah sewajarnya. Untuk menghemat pengeluaran, pakan pur juga bisa dicampuri bekatul dengan perbandingan 4:1.

3. Suplemen Tambahan

Beberapa Cara Merawat Anak Ayam Bangkok Tumbuh Cepat

Saat anakan telah berusia 1 bulan, anakan bisa diberi pakan dengan komposisi yang berbeda. Peternak ayam bangkok pada umumnya menggunakan campuran pakan berupa pur dan susu bubuk bayi dengan perbandingan 5 : 1. Susu bubuk yang diberikan pada anak ayam bangkok usia 1-4 bulan berpengaruh besar terhadap pembentukan tulang, otot, bulu dan bagian tubuh lainnya.

4. Cabut Bulu

Beberapa Cara Merawat Anak Ayam Bangkok Tumbuh Cepat

Bulu-bulu yang tumbuh pada anak ayam bangkok telah menghabiskan banyak gizi dari makanan yang sudah dikonsumsinya. Oleh karena itu, sebaiknya potong dan buanglah sebagian dari bulunya. Bagian bulu yang dipotong adalah bulu pada sayap dan ekor yang sudah berusia 3 minggu. Jika bulu-bulu pada mulai rontok, bulu-bulu yang tersisa haruslah segera dicabut juga, terutama pada bagian dada dan pahanya.

5. Perawatan Intensif

Beberapa Cara Merawat Anak Ayam Bangkok Tumbuh Cepat

Perawatan anak ayam bangkok aduan hingga usia 6 bulan atau sampai bulu rawis dan masa pertumbuhan sebaiknya cukup di dalam kandang saja. Hal ini dilakukan untuk menghindari hilangnya energi ayam karena ia terlalu banyak bermain. Energi yang seharusnya digunakan untuk pertumbuhan tubuhnya akan hilang bila ia sering diumbar. Oleh karena itu, jika ingin mengumbarnya, berikanlah waktu tidak lebih dari 30 menit setiap harinya.

Demikianlah pembahasan tentang Cara Merawat Anak Ayam Bangkok Tumbuh Cepat yang dapat kami berikan. Semoga dapat berguna dan bermanfaat bagi pecinta  Sabung Ayam Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *